Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah


Sebutan Sei Rampah menurut cerita sejarah orang-orang tua dahulu yaitu adanya seorang pedagang penjual rempah-rempah yang bertempat tinggal ditepi sungai, yang pada zaman itu sungai merupakan salah satu sarana perhubungan air lalu lalang para nelayan dari Bedagai ke Sungai Rampah uuntuk menjualkan hasil laut dan sampai saat ini sungai tersebut masih ada yang membelah dua dsa Sei Rampah dari asal cerita tersebutlah sampai saat ini disebut sungai Rampah. Sungai yang aslinya dahulu berada di jalan Mesjid (sekarang Mesjid Jamik) ketika masa pemerintahan Belanda sampai zaman penjajahan Jepang bahwa tampuk pemerintahan kerajaan masih tetap dipegang oleh Tengku Hafaz dan Kantor Kerapatan kerajaan berada di Sei rampah yang sekarang ini adalah kantor bupati Serdang Bedagai. Ketika zaman Jepang, Het Wd Hoof van Bedagai/raja kerajaan Bedagai bernama Tengku Abdul Djalil. Raja membawahi 4 datuk, masing-masing:
  • Sri Anwar Asmara dipegang oleh datuk Zainal Abidin di Tanjung Beringin
  • Perdana Menteri dipegang oleh datuk Zainal Abidin di Tanjung Beringin
  • Setia Diraja dipegang oleh Datuk Muhammad Arif, Datuk Muhammad Isa, dan Datuk Akib di Sei Rampah
  • Setia Diraja dipegang oleh Datuk Ulung Syahsam di Dolok Masihul
Pada zaman kemerdekaan, kerajaan negeri Bedagai menjadi kewedanaan Bedagai dan wedana membawahi asisten wedana (camat) masing-masing adalah:
  • Kecamatan Sungai Rampah
  • Kecamatan Teluk Mengkudu
  • Kecamatan Tanjung Beringin
  • Kecamatan Dolok Masihul

Pemerintahan kerajaan yang juga di sebut Land Schaaf yang berarti di bawah, controleer, opas kerajaan hanya berwenang di daerah kerajaan saja, dan governour di zaman penjajahan Belanda di pegang oleh orang Belanda begitu juga di zaman Pemerintahan Jepang. Bahwa sesuai dengan UU No. 36 tahun 2006 tentang Pembentuka Kabupaten Samosir dan Kabupaten Serdang Bedagai, maka sejak Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang menjadi 2 kabuapten yaitu Kabupaten Deli Serdang (induk) dan kabupaten Serdang Bedagai (pemekaran) kecamatan Sei Rampah menjadi Ibukota Kabupaten Serdang Bedagai. (kutipan dari serdangbedagaikab.go.id).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N