Klarifikasi

Sei Rampah (kusera): Ka. KUA Sei Rampah memang-gil pasangan suami istri (MS dan N) beserta keluarga dua belah pihak sehubungan dengan pen-catatan perni-kahan (Januari 2014) menurut mereka menga-lami masalah. 
Anehnya, menurut mereka baru mengetahui bahwa buku kutipan akta nikahnya salah setelah pasutri itu melahirkan anak pertama dan menerima surat lahir dari RS TR berbeda nama ayahnya yang tertera di buku Kutipan Akta Nikah dan minta disesuaikan dengan nama ayah (MS) di Surat Lahir. Namun pihak KUA tidak langsung percaya karena melihat ada beberapa indikasi yang tidak benar, kenapa baru sekarang dipermasalahkan, sekaligus meneliti Akta dan NA aslinya.
Klarifikasi dilakukan dengan menghadirkan Pem. Penghulu, Sekretaris Desa dan Kepala Dusun yang bersangkutan untuk mempertegas kepada semua keluarga karena mengapa tidak mempersoalkan nama Catin Pria pada waktu akad nikah, meskipun pihak Pembantu Penghulu telah memperjelas nama dan orang yang akan menikah (nama sebenarnya MS tapi di NA menggunakan nama adik MS yang berinisial F).
Ini terungkap setelah diminta kesadaran dan kejujuran, meskipun bersekukuh pura-pura tidak mengetahui dimana kesalahan itu, akhirnya pasutri itu mengaku memalsukan data NA dengan menggunakan nama F, karena MS tahun 2007 telah keluarkan NA-nya menikah dan akhirnya cerai di bawah tangan (duda). Maka dengan cara mudah ketika MS menikah untuk yang kedua kalinya menggunakan nama adiknya (F), dan surat lahir anak dari pihak RS merujuk kepada Kartu Keluarga tertera nama ayah adalah MS, bukan nama F seperti tertera di Buku Kutipan Akta Nikah.
Masya Allah... Berbohong pura-pura bilang salah catat Buku Kutipan Akta Nikah, padalah sesuai dengan dokumen aslinya. Cara seperti ini merugikan keluarga sendiri, itu baru dunia belum lagi keabsahan menurut agama ketika pengakuan yang salah pada lafadz akad nikah. Untuk menghilangkan keraguan pihak keluarga mengulang kembali prosesi Ijab-Kabul. (26/10/2015).adoel

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N