KEBEBASAN

BEBAS TERKENDALI.
Sejak bergulir reformasi semua simpul pembungkaman telah terurai dan saat itulah yang namanya kebebasan mengemukakan pendapat meluncur bagaikan air bah mengalir, dan bicara lantang tidak menjadi tabu lagi. 
Namun, apakah kebebasan lugas mengemukakan pendapat itu telah memberikan kontribusi besar bagi perkembangan pembangunan bangsa ini?. Jika kita arif melihat kondisi kehidupan saat ini, betapa mudahnya orang bicara, kritik dan bahkan sampai pada tataran penghinaan dengan dalih kebebasan mengkritik secara konstruktif. Lalu, apakah kebebasan yang dibolehkan itu bisa menabrak demokrasi, norma dan tata-susila adat ketimuran bangsa ini. 

Hematnya, kebebasan bukan berarti boleh melakukan dan bicara sesuatu tanpa kendali. Kebebasan bagi rakyat itu siap dipimpin dan berpartisipasi mendukung agenda kehidupan berbangsa dan bernegara, berbas berkreasi menambah indah dan uniknya nusantara ini. Sedangkan kebebasan bagi pemimpin adalah memegang teguh amanah yang diberikan rakyat kepadanya, melakukan berbagai ketentuan dan kebijakan yang menguntungkan sebesar-besarnya bagi kehidupan rakyat yang dipimpinnya. 

Inilah yang di-ilustrasi-kan Allah ; bahwa tidak mungkin matahari mengejar bulan demikian juga malam tidak dapat mendahului siang, kebebasan gerak berjalan sesuai aturanNya. (QS Yasin : 40).

Sejatinya; jika kita semua memahami alias "sadar posisi", Pemimpin dengan akhlak kepemimpinannya dan rakyat berbuat layaknya kehidupan terpimpin....Insya Allah negeri ini akan diturunkan berkah dan rahmat. 

Semoga....@emka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N