HINDARI GRATIFIKASI

 


@h.makmur,ma.
8 JURUS KESIAPAN MENOLAK GRATIFIKASI
1.  Kesiapan Nilai Agama dalam Kehidupan ; pada umumnya bangsa ini dihuni oleh orang-orang yang beragama, tentunya agama menjadi pengawal moral prilaku yang baik dan menekan kehidupan “hawahu”
2. Kesiapan Menjalankan Sumpah Jabatan ; pada umumnya setiap petugas pelayanan mengetahui bahwa menerima atau menjanjikan menerima sesuatu dari proses melakukan kepentingan orang lain adalah melanggar ketentuan, maka disinilah diperlukan sadar posisi dan sadar akan sumpah jabatan.
3. Kesiapan  Kebutuhan ; sebagai petugas yang memberikan pelayanan harus lebih dahulu dipersiapkan kebutuhan sarana dan prasarananya, artinya mesin tidak akan jalan tanpa minyak dan onderdil yang baik. Seorang guru akan fokus mendidik jika kebutuhan hidupnya dipenuhi.
4.  Kesiapan Merasa Cukup Apa yang Dimiliki; meskipun keinginan itu tanpa batas, maka disinilah diperlukan sikap qana’ah sebagai pembatas keinginan hingga merasa nyaman dari apa yang dimiliki.
5.  Kesiapan Kolektif  Antara Petugas Pelayan Dengan Yang Dilayani ; tidak memberi maka tidak ada yang menerima, jika malu menerima maka pada saatnya akan malu pula memberi
6.  Kesiapan Regulasi dan Penegakan Reward dan Punishment ; tidak tegasnya aturan dan penegakan sanksi hukuman menjadi penyebab utama meningkatnya kejahatan,  demikian juga tanpa  penghargaan motivasi kerja monoton dan bahkan  lumpuh, apalagi bila budaya  “pres-ngasi  lebih dominan dari pada prestasi” untuk mendapatkan kesempatan, posisi dan atau kedudukan.
7.  Kesiapan Menegakkan Kepercayaan ; menjadikan hukum sebagai penglima, kedudukan sama didepan hukum dan tidak diskriminasi. Ketegasan hukum akan melahirkan kepercayaan dan kepatuhan.

8.  Kesiapan Diri Bahwa Bekerja itu Amanah dan Ibadah ; Jika setiap petugas pelayan meneguhkan hati bahwa tugas  yang diembannya merupakan amanah dan dijalankan dengan ikhlas sehingga berbuah Ibadah, maka siapa dan dimanapun bekerja akan melahirkan manfaat dan maslahat...@semoga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N