Tipologi Manusia

 H.Makmur, MA.

EMPAT  TIPOLOGI  MANUSIA DALAM KEHIDUPAN
    KAYA MATERI DAN KAYA SPIRITUAL : manusia seperti ini sangat beruntung dalam hidupnya karena selain diberikan kekayaan serba ada hidup di dunia ini, namun memiliki hati yang baik, peduli, manusiawi, dermawan dan tidak sombong. Kekayaannya  menjadikan dirinya lebih ta’at kepada Allah Swt.

     MISKIN MATERI TAPI KAYA  SPIRITUAL : di dunia hidupnya fakir, tapi tidak membuatnya menjadi kafir. Bahkan kesabarannya semakin kuat sehingga ujian pada dirinya sebagai cambuk membuat semakin taat kepada Allah Swt. Menahan dirinya untuk tidak melakukan yang dilarang, tidak mau memakan yang bukan haknya. Kesetiakawannanya tinggi, pedulinya tak tertandingi dan bekerja keras serta  senantiasa merasa cukup apa yang diberikan Allah kepadanya.

        KAYA MATERI TAPI MISKIN SPIRITUAL : sebaliknya, kekayaan yang dimiliki sudah lebih dari cukup, serba ada dan mapan, tapi karena akhlaknya buruk, rakus, tamak, iri dan dengki serta bakhil menyelimuti hatinya. Tidak pernah merasa cukup, bahkan yang bukan haknya pun masih tega merampas hak orang lain.

         MISKIN MATERI DAN MISKIN SPIRITUAL : kemiskinan materi membuatnya semakin jauh dari Ilahiyah dan semakin dekat dengan kemungkaran…na’uzubillah min zalik.(13/03/2015).adoel.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N