Membangun Kedewasaan

KEDEWASAAN BERAGAMA
H. Makmur, MA.
Sesungguhnya mereka kaum yang beriman, kaum Yahudi, Kaum Nasrani, dan kaum Sabi’in, siapa saja  diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta berbuat kebaikan  (amal soleh),maka mereka akan  menerima pahala dari Tuhan mereka, tiada rasa khawatir yang menimpa mereka, tiada (pula) mereka bersedih hati. (QS. 2 : 62)


Sewaktu menerima penyerahan kota Yerussalem dari Penguasa Romawi ke tangan umat Islam, Khalifah Umar Ibn Khattab bersama para panglima perangnya berkunjung ke dataran bukit Zion, tibalah melaksanakan solat Zuhur di sana. Uskup Agung Sophronius menawarkan gerejanya yang terpandang suci di dunia krsiten itu untuk tempat khalifah melaksanakan solat. Tawaran yang ramah dan bersahabat itu disambut hangat dan bijak oleh Umar, “Sungguh senang menerima tawaran tuan. Tapi kalau saya solat di situ, saya khawatir bahwa suatu hari kelak orang Islam akan merampas gereja tuan guna dijadikan sebagai Masjid. Karena itu, izinkanlah saya solat di sisi gereja tuan”. Selesai Khalifah Umar Solat, sembari meminta izin kepada Uskup lalu beliau menggariskan telapak tangan dibekas tempat solatnya itu agar di bangun sebuah Masjid yang akan berdampingan dengan gereja suci umat Kristen yang dibangun pada masa Kaisar Heraklius dari Romawi (610-641).

BETAPA DUA TOKOH SENTRAL  BERBEDA KEYAKINAN  ITU MEMERANKAN TELADAN KEBESARAN JIWA  DALAM KERANGKA CONTOH KEDEWASAAN BERAGAMA. MESKIPUN MEREKA ISTIQOMAH PADA KEYAKINAN AGAMA MASING-MASING DAN PADA  SAAT YANG BERSAMAAN, MEREKAPUN TETAP BISA MENARUH SIMPATI YANG MENDALAM  DAN RASA HORMAT YANG TINGGI KEPADA TEMAN PEMELUK AGAMA  LAIN, TANPA HALANGAN KEJIWAAN APA PUN.

KEDEWASAAN  BERAGAMA  MEMBUTUHKAN
1.    Kebesaran dan kemurnian Jiwa
2.    Kesadaran secara utuh sebagai makhluk Tuhan
3.    Kedewasaan berpikir
4.    Bersikap inklusifisme
5.    Berpikir  Substansial
6.    Memiliki humanisme yang Tinggi
7.    Klim Kebenaran dan Keselamatan  bukan Monopoli   Agama Tertentu
8.    Teori Landak.(*
9.    Membangun keakraban.

TEORI LANDAK
DISEBUAH GUA HIDUP SEKELOMPOK LANDAK. KETIKA PADA SUATU MALAM YANG SANGAT DINGIN  TERASA MENUSUK SAMPAI KE TULANG, LANDAK-LANDAK BERUSAHA MENCARI POSISI DAN STRATEGI UNTUK MENYIASATI ANGIN MALAM YANG TERUS BERHEMBUS.   BERBAGAI STRATEGI DILAKUKAN;  BERDIAM DILUBANG SENDIRI- SENDIRI, MELIPAT BADANNYA DAN MENUTUP BADAN LEWAT DURI YANG TAJAM, NAMUN DINGIN TIDAK BERANJAK DARI PERADUAN TIDURNYA.

SAAT ITU YANG DIINGIN KAN SANG LANDAK SUASANA NYAMAN DALAM KEHANGATAN. LANDAK-LANDAK TAK BERHENTI MENYIASATI STRATEGI APA YANG HARUS DILAKUKAN. KAWANAN LANDA MENCOBA UNTUK MERAPATKAN DIRI SATU SAMA LAIN, MESKIPUN MENEMUKAN RASA KEHANGATAN, TAPI TETAP TIDAK NYAMAN KARENA POSISI SEMAKIN RAPAT YANG TERJADI SALING MENUSUK DARI DURI-DURI SESAMA LANDAK. KEMUDIAN AKHIRNYA KAWANAN LANDAK MENCOBA POSISI MESKIPUN BERDEKATAN TAPI BERJARAK UNTUK MENGHINDARI RASA AMAN DARI DURI.


STRATEGI SEPERTI INI DISEBUT SEBAGAI TEORI LANDAK, TEORI BERJARAK TAPI TETAP MELAHIRKAN SINERGI DIANTARA SESAMANYA. TEORI INI DAPAT MENJADI ACUAN BAGI HUBUNGAN UMAT ANTAR AGAMA- DENGAN HUBUNGAN YANG TIDAK TERLALU RAPAT KARENA BISA MELAHIRKAN FITNAH, TAPI TIDAK JUGA MENJAUH YANG DAPAT MENGERINGKAN SUBSTANSI TOLERANSI, TENTUNYA JIKA DILAKUKAN  BERJARAK AKAN MELAHIRKAN SINERGIVITAS MELAHIRKAN KERUKUNAN YANG BERKUALITAS. KERANGKA YANG IDEAL DALAM KERUKUNAN INI ADALAH “ UKHUWAH TERJALIN AKIDAH TERJAMIN”.(06/03/2015).adoel 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N