Ikhlas

Ikhlas Kunci Ibadah 
SULAIMAN
Seorang wanita Rabi'atul Al adawiyah Berjalan di tengah masyarakat, di tangan kanannya dia memagang obor yang menyala api dan di tangan kirinya timba berisi air, lalu masyarakat bertanya kepadanya wahai rabi'atul adawiyah apa yang engkau lakukan ? Rabi'atul Al adawiyah menjawab "andai allah mengizinkan ku untuk membakar syurga nya allah, maka aku akan bakar syurga nya allah dengan api yang ada di tangan kanan ku ini" untuk apa, Beliau menjawab Agar kalian tahu aku dekat dengan allah bukan mengharap syurga nya" lalu apa yang akan kau lakukan dengan air yang ada di tangan kiri mu beliau menjawab " andai allah mengizinkan ku untuk memadamkan panasnya api neraka allah maka aku akan padam kan dengan air di tangan kiri ku ini" agar apa ? "agar kalian tahu bahwa aku takut kepada allah bukan karna takut neraka Nya, lebih baik aku masuk ke dalam neraka tapi allah ridho kepadaku daripada aku masuk syurga tapi allah murka kepadaku.
lalu.. apa tanda ke ikhlasan itu? 
Sayyidina Ali Ra berkata ada empat tanda beribadah tidak ikhlas karna allah : 

  1. Saat dilihat orang dia rajin ibadah 
  2. Saat sendiri (tidak di lihat orang) dia malas beribadah
  3. Saat di puji bertambah ibadahnya
  4. Saat di hina semakin luntur ke imanannya
inilah yang di sinyalir oleh Rasulullah SAW : "bahwa banyak orang yang beribadah tetapi mereka mendapatkan balasan neraka"
Rasulullah bersabda : nanti pada akhir zaman umatku akan terpecah menjadi tiga golongan 
  1. orang2 yang beribadah kepada allah karna ria (ingin di puji)
  2. orang2 yang beribadah kepada allah karna ingin cari makan dari orang lain
  3. orang2 yang beribadah kepada allah karna keikhlasan
(06/03/2015).adoel

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N