MORALITAS AGAMA


MENOLAK KEJAHATAN DENGAN KEBAIKAN

Dan, jika kamu hendak mengadakan pembalasan, balaslah seperti yang mereka lakukan kepadamu.Tetapi, kalau kamu bersabar, maka kesabaranmu itu lebih baik bagimu. Dan hendaklah kamu tabahkan hatimu karena berpegang kepada pertolongan Allah. Janganlah engkau bersedih hati terhadap perbuatan mereka. Jangan pula engkau bersesak dada terhadap apa yang mereka rencanakan (QS An-Nahl:126-127)

MORALITAS AGAMA YANG PALING MENGESANKAN DALAM HIDUP MANUSIA ADALAH “MENOLAK KEJAHATAN DENGAN KEBAIKAN” INI DAPAT TERLAKSANA DENGAN ETIKA KETUHANAN YANG SELALU TULUS MEMBERIKAN “AIR SUSU” DI SAAT ORANG SUKA MELEMPARKAN “AIR TUBA”.

SIDNEY HOOK FILOSOF BARAT :
Anda dapat mengadakan perhitungan dengan seorang musuh, akan tetapi jika anda cukup berani, cukup sabar, anda dapat mengalahkan musuh itu dengan jalan mencintai serta meyakinkankan bahwa anda mencintainya. Jikalau anda sesaat berhenti untuk merenungkannya, anda akan yakin bahwa tak mungkin membenci seseorang yang benar-benar mencintai anda (Agama di Tengah Kemelut; editor; Hasan,M.Noor).

KISAH KLASIK        
KISAH SEORANG PELACUR YANG MASUK SURGA HANYA KARENA KEBAIKANNYA MEMBERI MINUM KEPADA SEEKOR ANJING YANG KEHAUSAN DITENGAH PADANG PASIR (Menemukan agama, Komaruddin Hidayat).
            Profesi Pelacur ‘kartu mati’ dan nama anjing berkonotasi ‘najis-haram’. Tentu tidak bisa dibayangkan kalau seorang Pelacur berbuat baik kepada binatang haram, bisa masuk surga.
            Pesan yang tersirat: cinta kepada sesama makhluk Tuhan yang haram, dan berprilaku haram mampu menghapuskan kesalahan, apalagi bersikap ‘mengasihi’ kepada sesama tentu akan semakin disayangi Tuhan.

BUKANKAH AGAMA MENGAJARKAN BAHWA YANG BERDOSA ITU ADALAH PERBUATANNYA, SEDANGKAN PELAKUNYA WAJIB KITA KASIHI. BUKANKAH AL-QURAN SERING MENGINGATKAN BAHWA BETAPAPUN TIDAK SETUJU DENGAN SIKAP TINDAKAN SESEORANG, TETAPI DITUNTUT UNTUK TETAP MENGHORMATI  PELAKUNYA. KITA BELAJAR MEMISAHKAN ANTARA PERBUATAN DAN PELAKUNYA, ANTARA DOSA DENGAN ORANGNYA.

MAHATHMA GHANDI
KITA BOLEH MEMBENCI DOSANYA,
TETAPI BUKANLAH KEPADA PELAKUNYA

HATE THE SIN AND NOT THE SINNER 
@emka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N