Makna Salam

TEBARKAN SALAM__H.Makmur,MA.
Barang siapa memberi pertolongan dengan pertolongan yang baik, niscaya dia akan memperoleh bagian darinya. Dan barang siapa memberi pertolongan dengan pertolongan yang buruk, niscaya dia akan memikul bagian darinya. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu. QS. AN-NISA : 85

Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu. QS. AN-NISA : 86.

Esensi dari SALAM itu adalah : KESELAMATAN, KEDAMAIAN, KESEJAHTERAAN dan KEPEDULIAN  
SALAM dalam 3 (tiga) dimensi
SALAM bi al-lisan : Ucapan yang lembut menyejukkan penuh persahabatan, kasih sayang yang menawarkan do'a keselamatan, kedamaian dan kesejahteraan "assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh". 
SALAM bi al-arkan : Sikap/tindakan dalam bahasa tubuh yang sangat berkesan kasih sayang dan persahabatan seperti ; berjabatan tangan, berangkulan, cipika-cipiki, menyampaikan karangan bunga, melalui surat atau media yang pada hakikatnya do'a dan keselamatan.
SALAM bi al-tafsir : meng-aktualisasikan makna salam dalam arti yang luas aplikatif dan men-fakta-nyatakan nilai salam dalam prilaku hidup kepada semua makhluk ciptaan Allah di bumi ini. Kehadiran muslim mampu memberikan keselamatan dilingkungan, kepada keluarga, tetangga, masyarakat dan bangsa serta kepada hewan, tumbuhan dan alam lainnya. Dan inilah yang ditegaskan Rasulullah SAW dalam sabdanya "ufsu as-salam" tebarkan dan bumikan salam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N