Cara Hemat BBM

Kesal BBM Terus Naik! Tenang,
Ini Tips Mengemudi Hemat BBM

WOL –  Siapa yang tak kesal kalau harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik terus? Walau dinaikkan karena berbagai alasan, tetap saja kenaikan ini menjadi beban tersendiri bagi para pengguna kendaraan, terutama kamu yang sering menghabiskan waktu di jalan baik karena lokasi kerja yang cukup jauh atau berwisata ke luar kota.
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk penghematan energi, buat kamu yang setiap hari mengemudikan kendaraan sendiri, berikut tips wajib kamu diperhatikan.
Jangan biarkan tangki BBM kosong
Kalau jarum pada tangki BBM sudah berada di garis tengah maka segeralah mengisi bensin sampai tangki menjadi full tank. Semakin banyak ruang kosong di tangki bensin, maka semakin besar kemungkinan bensin menguap di siang hari. Jika tidak segera diisi, kotoran yang mengendap di bawah akan ikut terangkat dan mengotori mesin.

Perhatikan suara mesin
Pada kecepatan tinggi, biasanya bila jarum RPM (revolution per minute) akan melebih angka 3 dan mesin mobil akan terdengar menggerung. Saat keadaan seperti ini sebaiknya segera atur perpindahan gigi kendaraan. Mengendarai mobil dengan gigi rendah akan membuat mobil lebih boros bahan bakar. Sementara itu, membiarkan mobil berada pada top gear ketika melintasi kawasan berbukit atau menanjak juga menghambur-hamburkan bahan bakar. Jika mobil yang digunakan memakai transmisi manual, segera pindahkan gigi setelah mobil nyaman dengan gigi yang lebih tinggi. Ingat! jangan berakselerasi berlebihan juga.

Berkendaralah dengan halus
Upayakan untuk mengemudi dengan kecepatan yang konstan. Semakin sering menginjak pedal gas, maka semakin banyak pula bensin yang berkurang.

Hemat pemakaian AC secukupnya
Menyalakan AC mobil terus menerus membutuhkan energi dari BBM. Penggunaan AC, apalagi dengan pengaturan suhu paling tinggi, membuat beban perputaran mesin semakin berat. Untuk lebih hemat, hindari menyalakan AC sesaat setelah mesin dihidupkan. Tunggu sekitar 4 menit sebelum menyalakan.

Nah, tips-tips di atas bisa kamu bagikan ke teman-teman yang juga mengemudikan sendiri kendaraan mereka, atau ke pasangan. Di tengah kondisi sekarang, saat nilai Rupiah melemah tentunya harga BBM terus naik. Jadi, lebih baik berhemat ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N