Berakhir UN

h.makmur,ma__
CORET BAJU DAN KONVOI
Jika memelihat suasana di akhir Ujian Nasional (UN) setiap tahun, ada rasa miris saat siswa-siswi merayakan hari terakhir ujian dengan coret baju, muka dan rambut kemudian konvoi dijalanan bahkan tidak jarang membuat macet dan ada juga terjadi kecelakaan maut. 
Melihat kondisi itu sungguh sangat memprihatinkan, seakan lentur dan luntur didikan selama dibangku sekolah bertahun-tahun akhirnya memperlihatkan budaya kurang/tidak santun. Apakah kondisi seperti itu terus dibiarkan setiap tahun dan di anggap sesuatu yang wajar, sehingga menjadi tradisi yang diaminkan semua pihak. Sudah saatnya harus memikirkan solusi terbaik agar putra-putri bangsa ini tidak saja disuguhkan keilmuan yang tinggi tapi budipekerti yang luhur harus menjadi tolok-ukur. Betapa tidak, pendidikan masa lalu menjadikan kita teringat dengan budipekerti dan keteladanan seorang guru yang melekat di qalbu, tidak saja di buku.
Setidaknya ada 3 (tiga) hal yang dapat dilakukan agar coret baju, konvoi, tawuran dan prilaku lainnya dapat diatasi : 
  1. Pendekatan keluarga: dimana pada hari terakhir UN para orang tua murid   diminta untuk hadir mendapmpingi putra-putrinya sampai berakhir ujian agar     dapat dikawal pulang kerumah atau bisa saja agenda keluarga rekreasi dan       lain sebagainya. 
  2. Pendekatan kebijakan: pemerintah dapat membuat kebijakan UN dilakukan siang hari dan berakhir sore sekitar pukul 18.00. Dengan kondisi seperti itu para siswa-siswi sulit melakukan kegiatan yang sifatnya hura-hura karena   peluang waktu kurang memungkin.  Atau pelaksaan UN tetap berlangsung   pagi tapi pihak sekolah dapat membuat kegiatan serimonial, gerakan sosial atau yang terkaitkan dengan UN, sehingga para siswa-siswi merasa terikat untuk tidak meninggalkan sekolah sampai sore hari.
  3. Pendekatan keamanan kolektif : sekolah harus melakukan kerjasama dengan     pihak keamanan tidak saja mengamankan sarana prasarana, soal ujian dan lainnya, tapi juga menertibkan siswa-siswi untuk tidak coret dan tawuran.

Dengan upaya seperti ini dan dukungan semua pihak melahirkan pencerahan baru yang memberikan kesan Pujian di saat berakhir Ujian.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N