Naskah UN Bocor, Kenapa?

h.makmur,ma__
Kuat Dasar Dari Ajar 
Pepatah orang tua dahulu mengatakan 'kuat dasar dari ajar', bisa berkah kalau dasarnya memang baik, tapi sebaliknya, akan jadi masalah bila dasarnya tidak baik. Mungkin ini contoh yang tepat dihubungkan kepada si pelaku pembocoran soal ujian UN yang lagi hangat diberitakan.
Mereka yang terpelajar bekerja di sebuah Percetakan milik pemerintah itu adalah 'Perum Percetakan Negara Republik Indonesia' (PNRI), masih didapati segelintir dari mereka melakukan tindakan yang tidak terpuji merugikan semua pihak dan mencoreng nama baik dunia pendidikan.
Betapa gagasan dan upaya  Menteri  Pendidikan Bapak Anies Baswedan melakukan terobosan ujian nasional berbasis komputer (Computer-based Test/CBT), dengan tujuan efektivitas dan efisiensi serta menjamin akurasi (software tidak bisa dibuka sampai ujian dimulai, peserta membuka soal dengan password peserta yang diberikan saat ujian). Maklum, meski belum menyeluruh menggunakan CBT, dan di saat pemerintah berupaya menciptakan UN yang bersih dan berkualitas, kebiasaan lama 'pembocoran soal' terulang kembali, dengan diunggahnya ke Internet melalui Google Drive. Dan Ironisnya, dari hasil pelacakan Bariskrim Polri menduga pengunggah adalah Pegawai PNRI. 
Bicara Pegawai adalah sosok manusia yang memiliki mental dasar tidak sama, ada yang terpuji dan ada yang tidak. Walaupun tetap optimis untuk peningkatan ke yang lebih baik, tapi patut menjadi catatan, sehebat apapun sistim dan regulasi yang disiapkan, jika mental 'dasarnya buruk' menguasai diri bagi segelintir anak bangsa, maka tidak lah heran seorang terpelajarpun mau melakukan hal-hal yang sangat merugikan dunia pendidikan seperti kejadian UN ini. 
Kita sungguh prihatin, dan sangat prihatin atas kejadian ini, semoga kita peduli bersama-sama membangun kesadaran bahwa pembangunan mental-spiritual menjadi arus utama demi suksesnya pembangunan sistem dan fisik-material. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N