Persahabatan

Sahabat adalah seorang yang mengetahui lagu yang ada di hatimu dan dapat menyanyikan kembali ketika kamu lupa syairnya” (CS Lewis).
Persahabatan menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan, afeksi, kesetiaan, kecenderungan menginginkan apa yang terbaik bagi satu sama lain, simpati dan empati, kejujuran dan saling pengertian (Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas).
Lalu, Aristoteles mempertajam lagi “Sahabat sejati adalah satu jiwa dalam dua jasad.”

Dalam kehidupan materialisme, persahabatan sebagai mana diungkapkan para ahli ini akan mengalami kekeringan bagaikan kerakap tumbuh di batu, karena penguatan persahabatan di dunia materi adalah kepentingan, kekuasaan dan finasial, kehidupan di ukur dalam tataran materi dan ironisnya sampai mengabaikan norma agama. Menilai invidu karena jabatan, kekuasaan dan kekayaan yang dimiliki, Bukan prestasi tapi pres-ngasi, bukan penggiat tapi penjilat, bukan yang tobat tapi yang bejat dan lain-lain.
Dan Kata "sahabat" berasal dari bahasa Arab shahabah (ash-shahaabah, الصحابه) yang pada mulanya merujuk pada sahabat Nabi.
Dengan demikian persahabatan itu telah diajarkan Rasulullah SAW, tentunya berada pada tataran qur'ani. Lalu, bagaimana persahabatan kaum muslimin saat ini...semoga@emka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N