Indahnya Berbagi

h.makmur,ma.
Makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan
jangan berpikir  hari ini makan apa?, hari ini makan dimana
Hari ini siapa yang dimakan?. Tapi bantulah mereka yang belum makan hari ini.

Dalam hidup ini ada saja orang yang sangat prihatin disekeliling kita yang mengharapkan uluran tangan untuk menyambung hidup, tentu, di saat itu lah kita diuji untuk berbagi. Jangan berpikir harta kita akan berkurang karena memberi, jangan pula berpikir riya atau jangan pula menggerutu, yakinlah mereka yang meminta itu hanya sekedar menyambung hidup, bukan untuk kaya dan hidup lebih.
Ketika kita sadar akan hal demikian, kedermawanan akan berangsur subur dalam hidup, sehingga jauh dari hidup berpoya, hidup rakus, hidup mementingkan diri sendiri dan hari ini makan dimana tidak menjadi tuntutan ditempat elite meskipun tidak mengurangi menu yang sehat. Lebih Ironis lagi bila setiap hari kita meng-agendakan "hari ini siapa yang di makan", siapa yang bisa diperas terlepas bagaimana pun caranya. Hidup tidaka terlepas dari dukungan materi, tapi materi bukan semata dalam kehidupan sehingga mengabaikan norma dan nilai kemanusiaan.
Ingatlah...didalam harta kita ada harta orang-orang yang hidupnya kekurangan. Ada kaya dan miskin, jika kita harus memilih pasti pilih ingin kaya, jika kita memilih mau memberi (karena berada) ketimbang jadi penerima (karena kekurangan), maka pertanyaan ini akan jadi motivasi untuk memberi. Meskipun saat ini memberi harus jeli kepada siapa dan bagaimana kondisinya, karena banyak dijumpai peminta yang menipu dan bahkan ada petugas yang mengkoordinirnya.
Makanlah untuk melanjutkan kehidupan, mengembangkan skil dan kemampuan untuk berkarya yang baik dan bermanfaat untuk diri, keluarga dan masyarakat. Hindari cara hidup hanya untuk makan saja, hidup malas, tidak siap bekerja keras dan berpikir cerdas. Maunya kerja sedikit hasilnya maksimal, maunya tipu sana-sini, memeras dan kejahatan lainnya. Cara berpikirnya hanya uang...uang dan uang, na'uzubillah..semoga dapat kita hindari. 

@emka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N