Mandiri

Kemandirian
Kemandirian, mandiri. atau alhakam azzati  (otonomi) adalah sikap dengan dorongan sendiri, kemampuan menyelesaikan sendiri atas dasar rasa percaya diri, kebebasan dalam melakukan usahanya dan tidak terlalu menggantungkan keputusan kepada orang lain.
Dalam makna lain kemandirian dapat diistilahkan dengan kata al-istiqlal (kemerdekaan) atau independence.

Malaikat Jibril datang kepada Nabi Muhammad SAW kemudian berkata: ”… Ketahuilah, bahwa kemuliaan orang mukmin shalat nya di waktu malam dan kehormatannya adalah dengan tidak mengharapkan sesuatu kepada orang.” (Hadits hasan. Lihat Shahih Jami’ush Shagir, no. 73 dan 3710).

Sungguh...kemandirian mutlak diperlukan sebagai prasyarat utama untuk meraih berbagai keberhasilan dalam kehidupan ini. Sebagai suatu sikap positif, kita semua perlu memiliki sifat mandiri. Kehormatan diri menjadi tampilan yang menjadi perhitungan pihak lain untuk lebih berhati-hati melakukan intervensi jika kemandirian kuat dimiliki. Namun sebaliknya, jika ketergantungan hidup lebih dominan dalam hidup, tentu kekuatan akan dipengaruhi dan kewibawaan pun akan sirna dan dilecehkan. Inilah pentingnya sebuah kemandirian dalam kehidupan. 

Kemandirian yang mendasar itu adalah :
1. Mandiri Berkeyakinan
2. Mandiri Berpikir
3. Mandiri Berekpresi
4. Mandiri Poleksosbudhankamnas
5. Mandiri Sebagai bangsa sejati

Jangan harap mampu berbenah diri untuk kehidupan dan masa depan yang lebih baik, jika kemandirian tidak dimiliki. Hidup Jadi Boneka di atur orang lain, potensi diri akan musnah, dan bersiap-siap lah bagaikan mayat yang akan menunggu 'fardhu kifayah' dimandikan, disolatkan, dikafankan dan dimakamkan. Na'uzubillah min Zalik..semoga@emka.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N