Pengelola Keuangan

Dirjen: Pengelola Keuangan itu Harus Cepat dan Cermat




  



















Jakarta, bimasislam Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengrlolaaan keuangan di lingkungan Bimas Islam dan mitraBagian Keuangan Ditjen Bimas Islam mengadakan kegiatan pembinaan Perbendaharaan Bagi PejabatKegiatan dilaksanakan di Wisma HajiJlJaksa Jakarta (8/4). Dalam sambutannyaDirjen Bimas Islam, Prof. Machasinmengatakan bahwa tugas bendahara itu menjagakekayaan yang dipercayakan kepadanyaNamun yang paling pentingpengelola keuangan itu harus cermat dan cepat.
"Sebagai pengelola keuangan harus cermat. Cermat melihat besaran anggaran, berapa yang digunakan, dan berapa yang dilaporkan. Hal ini perlu dimiliki bagi pengelola keuangan agar aman dan tepat sasaran. Demikian juga harus cepat. Banyak keperluan yang mengharuskan cepat dalam pengelolaan keuangan karena terkait dengam resiko, seperti limit waktu, adanya denda, dan semacamnya", ujar mantan Kabalitbang Kemenag ini.
Lebih lanjut Machasin menegaskan, bahwa perlu juga memperhatikan ketentuan yang ada, seperti bantuan sosial yang berubah akunnya dari 57 ke 52.
"Kita harus hati-hati dalam mengelola keuangan negara. Ikuti aturan, meski kadang harus berhadapan dengan masyarakat atau penerima bantuan seperti MUI atau Ormas Islam. Kita ini tidak mempersulit, tetapi mengikuti regulasi terbaru yang dibuat oleh Kenterian Keuangan", jelasnya. Satu hal lagi yang juga menjadi perhatian, bahwa kita harus menyiapkan kelengkapan dokumen keuangan.
"Sering temuan dari auditor karena kurang lengkap dokumennya, seperti perjalanan, atau kegiatan. Jika seluruh dokumen sudah dilengkapi, maka bisa dipastikan tidak akan ada temuan", tutupnya.
Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh pejabat eselon 3 dan 4, serta mitra strategis Bimas Islam, yaitu MUI, Istiqlal, Baznas, dan Badan Wakaf Indonesia (BWI). Nara sumber yang hadir selama kegiatan berlangsung (8-10 April), adalah Dirjen Bimas Islam, Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Kepala Biro Keuangan, Direktur di LKPP, Dirjen Perbendaharaan, dan lain-lain. (thobib/foto:bimasislam).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N