Secangkir Kopi

h.makmur,ma__
ALA PEMIMPIN SECANGKIR KOPI
Bicara secangkir kopi tidak saja dalam tataran enaknya di minum sesaat panas atau dalam penekanan makna sejati campuran kopi, gula dan panasnya air pemecah yang membuat rasa pas dan nikmat. Namun lebih dari itu hidangan kopi dikaitkan dengan kepemimpinan yang kolektif, kebersamaan, transparansi dan sedikit guyon, lepas, santai yang tidak mengesankan otoriter. 

Kita sering mendengar 'seorang pemimpin melaksanakan acara "coffee morning" bersama para orang-orang terkait terutama kepada pemerhati dan awak media. ini bertujuan agar menciptakan rasa santai, kekeluargaan, persahabatan dan sekaligus menjadi ajang shering dalam upaya peningkatan kinerja dan pembangunan yang diharapkan.

Ala Kepemimpinan secangkir kopi dalam tulisan ini lebih cenderung penekanannya pada sosok pemimpin yang merakyat, terbuka, tidak alergi dengan kritik, bicara santai namun penuh makna, guyon tapi berisi dalam kondisi tidak kaku dan rumit. 

Kepemimpinan secangkir kopi lebih mendekati pada unsur patrilineal, dimana lebih menonjol  sisi kebapakan yang berwibawa, pengayom dan penuh kekeluargaan. Sehingga dalam suasana enjoy seperti itu akan mudah muncul ide gagasan inovatif, dan  karena ide itu lahir dari sebuah kebersamaan tentu akan mudah pula dukungan perwujudannya.

Meminjam ungkapan yang sangat bijak " Saat ini banyak yang merasa jadi pemimpin, namun sedikit sekali pemimpin yang pandai merasa". 

   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N