WIBAWA

h.makmur,ma__
KEWIBAWAAN 
Wibawa: "pembawaan untuk dapat menguasai dan mempengaruhi, dihormati orang lain melalui sikap dan tingkah laku yg mengandung kepemimpinan dan penuh daya tarik". (Kamus BBI).

Wibawa adalah otoritas-kekuasaan seseorang terhadap orang lain yang mempengaruhi tingkah laku orang, muncul akibat melekatnya sesuatu seperti jabatan, penampilan, tingkah laku dan terlebih kharisma (sebuah aura khas yang dimiliki seseorang sejak lahir dan berkembangseiring bertambahnya ilmu dan pengalamannya yang membuatnya terlihat berbeda, khas dan unik dari yang lain). dan tentunya saat mendengar kata 'wibawa' yang terlintas dibenak seseorang adalah sikap profesional, cerdas, teladan, dikagumi, tokoh, ulet, cenderung memiliki jabatan, nama baik dan lainya. 

Untuk cenderung disebut berwibawa, ada beberapa faktor yang dapat dilihat seperti : Cara bicara yang tersistim, pandangan luas, berpakaian menarik-sopan-rapi, netralitas dalam berpikir, jauh dari prilaku buruk, sepadan kata dengan perbuatan, tidak menjadi sasaran fitnah dan ejekan.

Kewibawaan yang alami tanpa diciptakan atau direkayasa akan bersifat kekal dan berkharisma. Sebaliknya, wibawa yang diciptakan atau rekayasa pada umumnya temporer sepanjang berjalannya kepentingan. Wibawa itu alami dari sebuah 'pengakuan' orang lain bukan pada pengakuan orang yang bersangkutan. 

Pemimpin yang tidak cerdas dan tidak bijaksana cenderung membangun kroni untuk menciptakan kewibaan dirinya dan kekuasaan, yang pada akhirnya terjadi pro-kontra dan gesekan, sehingga suasana kerja tidak kondusif dan tujuan tidak tercapai. 

Pemimpin yang berwibawa itu tidak kekanak-kanakan, cengeng, sensitif pribadi, pendendam, pemarah, perajuk, mengagungkan kelompok /etnisitas dan segala yang tidak / kurang terpuji yang melekat pada kepribadiannya.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N