H2N


Hadapi Hayati dan Nikmati

HADAPI
Hadapi semua yang datang dalam kehidupan ini dan jangan coba untuk menghindar bila sejatinya itu memang untuk kita. Baik atau buruk sekalipun, meskipun mencegah jauh lebih baik dari mengobati. Dalam hidup ini tidak terlepas dari yang namanya tantangan, hambatan, kecil atau besar tergantung cara bagaiamana menyikapinya. Hadapi dengan santai tapi serius (Sanse). Santai dalam arti relaksasi agar jiwa bisa tenang menghadapi tidak gegabah atau panik yang dapat  menyebabkan  timbulnya masalah baru. Serius dalam arti fokus melihat sisi demi sisi penyebab sampai cara penyelesaiannya,; darimana harus memulai, apa penyebabnya, pahami dulu apa masalahnya ibarat medis (diagnosa)  setelah tahu penyakitnya barulah dilakukan pengobatan.

HAYATI
Penghayatan merupakan cara bagaimana kita memahami secara mendalam kondisi yang dihadapi, memahami sisi baik dan buruknya, memahami sebab dan akibatnya dan juga sampai kepada memahami kemungkinan ada hikmah dari kejadian itu. 

NIKMATI

Ending dari proses apa yang dihadapi dan dihayati adalah nikmati. Meskipun sesuatu itu baik atau buruk. Kebaikan yang dirasakan, maka bersyukurlah dan aplikasikan nilai syukur itu. Keburukan harus jadi i’tibar proses pembelajaran apakah ini suatu ujian, teguran atau konsekuensi yang diterima sebagai buah dari perlakuan masa lalu. Penyesalan menjadi motivasi untuk tidak mengulangi, hindari jangan terperosok berulang pada lubang yang sama, semoga...@emka.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH