Ngerumpisme


“SESEORANG BERHENTI MENJADI ANAK-ANAK 
SAAT DIA SADAR BAHWA MENCERITAKAN MASALAH ORANG LAIN TIDAK AKAN MEMBUATNYA LEBIHBAIK.”
Demikian menurutCesare Pavese (1908-1950) 
Pujangga-kritikus, Italia.


Terkadang, menceritakan masalah orang lain adalah sesuatu yang mengasyikkan terlebih jika alur ceritanya menyangkut dirinya sebagai aktor penolong. kebiasaan seperti itu bisa terjadi di rumah bersama tetangga, di kantor, di pasar, dipertemuan dan di tempat-tempat lain. 
Mencermati kata Cesare Pavese ini akan menginspirasi bahwa 'ngerumpi' merupakan prilaku yang digolongkan dalam komonitas anak-anak alias belum dewasa. Karena dikatakan dewasa harus mampu memahami bahwa masalah orang lain tidak akan membuatnya baik jika sebatas cerita, tapi membantu memberikan solusi penyelesaian. Meminjam ungkapan Hendri Bergson (1859-1941), Filsuf Prancis, peraih Nobel Sastra tahun 1927; "Agar bisa eksis harus berubah, agar bisa berubah harus dewasa, untuk menjadi dewasa jadilah diri sendiri tanpa berhenti."
Jika saling menyalahkan tanpa solusi, bangsa ini akan lebih carut-marut, tapi kesadaranlah yang manjadi sugesti untuk berbuat sekecil apapun, dimanapun dan appapun tugas jabatan yang diemban. Semoga...@emka.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N