JAHILIYYAH (bagian ketiga)

h.makmur,ma.
CIRI KEHIDUPAN JAHILIYAH 
3.MATERIALISME 
Pengertian materialisme adalah pandangan hidup yang mencari dasar segala sesuatu berlandaskan kebendaan semata, dengan mengesampingkan segala sesuatu yang bersifat non materi seperti jiwa, roh, cinta. Sedangkan orang-orang yang hidupnya berorientasi kepada materi disebut materialis. (Musni Umar Website). 
Paham materialisme menurut beliau erat kaitannya dengan konsumerisme ( gaya hidup dengan barang-barang mewah sebagai ukuran kebahagiaan) dan hedonisme (kenikmatan merupakan tujuan hidup). 
Sedangkan penyebabnya adalah : ketularan budaya asing, gaya hidup pemimpin yang vulgar dengan kemewahan, sukses dan berhasil di ukur dengan harta benda dan kemewahan, menunjukkan kelas sosial ; high class, middle class dan lower class, dan perubahan gaya hidup dari konvensional ke digital (baca. Musni Umar: Konsumeristik, Hedonistik dan Materialistik Hilangkan Spirit Juang Bangsa Indonesia).

QS. 2:93
وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَاقَكُمْ وَرَفَعْنَا فَوْقَكُمُ الطُّورَ خُذُوا مَا ءَاتَيْنَاكُمْ بِقُوَّةٍ وَاسْمَعُوا قَالُوا سَمِعْنَا وَعَصَيْنَا وَأُشْرِبُوا فِي قُلُوبِهِمُ الْعِجْلَ بِكُفْرِهِمْ قُلْ بِئْسَمَا يَأْمُرُكُمْ بِهِ إِيمَانُكُمْ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ(93

Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari kamu dan Kami angkat bukit (Thursina) di atasmu (seraya Kami berfirman): "Peganglah teguh-teguh apa yang Kami berikan kepadamu dan dengarkan-lah!" Mereka menjawab: "Kami mendengarkan tetapi tidak menta`ati". Dan telah diresapkan ke dalam hati mereka itu (kecintaan menyembah) anak sapi karena itulah mereka kafir. Katakanlah: "Amat jahat perbuatan yang diperintahkan imanmu kepadamu jika betul kamu beriman (kepada Taurat)". 

وَأُشْرِبُوا (diminumkan; dituangkan; diresapkan dan dialirkan) dalam hati mereka kecintaan kepada benda (harta) menjadi ukuran dalam kehidupan; lupa hak dan kewajiban bahkan lupa kepada sang khaliq. 
(الْعِجْلَ) (anak sapi) ; saat itu sapi sebagai simbol kemewahan, maka tujuan hidup selaian Allah adalah   (الْعِجْلَ)  yang menyebabkan mereka kafir. Pada saat ini kemewahan itu diukur dari mobil mewah, rumah mewah, tanah luas, deposito, emas intan berlian dan lainnya. 

Motivasi hidup materilaisme : bermegah-megahan yang menyebabkan lalai dari ketaatan kepada Allah (QS. 102 : 1-8)

Cara yang ditempuh :  melakukan segala cara demi keinginan terwujud bagaikan kuda perang memercikkan api dan cintanya kepada harta benar-benar berlebihan (QS. 100:1-8).

Wujud Kehidupannya : menimbun harta dan mengira abadi (QS. 104:1-3).

Hidup memerlukan materi dan sejatinya umat Islam harus menjadi kaya  serba ada, sehingga bisa menjadi dermawan dan hartanya bernilai ibadah. bukan sebaliknya, bahwa materi bukanlah segalanya sehingga melalaikan beribadah kepada Allah, melupakan kewajiban sebagai makhluk, bermegah di atas penderitaan orang disekitarnya dan menjadi sombong, yang pada akhirnya harta itu menjadi laknat bagi dirinya...semoga.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Kecamatan Sei Rampah

SEJARAH SINGKAT KUA KEC. SEI RAMPAH

H2N